Dep. PPPA: Kasus Anak Masih Gunakan KUHP

By redaksi • KABAR PUSAT, KABAR TERKINI • 17 Jan 2011

JAKARTA – Banyak kasus-kasus  yang melibatkan anak atau perempuan disidangkan masih dengan menggunakan KUHP. Padahal  sudah ada landasan hukum khusus atau lex spesialis yang mengatur, yaitu UU Perlindungan Anak dan UU KDRT. Bila KUHP yang digunakan, maka ancaman hukuman bagi pelaku, cenderung lebih ringan. Hal tersebut akan mengurangi rasa keadilan masyarakat.

Demikian diungkapkan Kanit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Komisaris Polisi Murnila, SH, Senin, 17 januari 2011 di kantor PPA saat menjawab pertanyaan Ketua Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPP Partai Demokrat, Ir, Hj, Andi Timo Pangerang seputar kendala dalam menangani kasus-kasus menyangkut masalah anak maupun perempuan.

Bersama jajaran pengurus departemennya, Andi audiensi ke unit PPA Polda Metro Jaya guna mengetahui lebih jauh permasalahan yang ada dalam menangani kasus-kasus anak dan perempuan. Berdasarkan data, kasus pencabulan atau kekerasan seksual terhadap anak terus meningkat. Sementara, penanganannya belum dilakukan maksimal dan memenuhi rasa keadilan korban.

Naskah dan Foto: bobby.triadi

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>